Waktu kuliah, saya gandrung banget baca buku-buku tasawuf dan puisi-puisi yang sufistik. Hingga pengembaraan saya pada buku-buku jenis ini membawa saya kepada karya-karya Annemarie Schimmel (pastinya). Sejak itu selalu hemat jajan agar bisa membeli buku-bukunya. Saya keranjingan. Beberapa bukunya, terus terang saya tidak memahami bahasa yang dituturknnya, membuat saya harus bolak balik mengulangi membaca, menandainya, hingga lecek. Tapi saya menikmatinya seperti mendengarkan alunan musik. Beliau salah satu pahlawan saya. Karyanya termasuk yang memberikn penghiburan tersendiri buat saya yg suka menyendiri.

Salah satunya buku ini. Menjelaskan dengan lembut sisi kefeminiman Tuhan dan Rasulullah SAW, melalui cerita yang dituturkan. Saya tidak menguasai separuh bahasa dunia seperti Ibu Ann. Satu bahasa asing pun kadang susah payah hahahha. Dengan gelar keilmuwan tertinggi dalam bidang budaya dan mistisisme Islam juga jiwa puitisnya, saya tidak pernah meragukan kesahihan karyanya. Salah satunya buku ini, selalu dalam list buku yg pasti ikut kemana pun saya akan tinggal lama di suatu tempat. Yah, saya sudah membacanya. Tapi dia seperti salah satu daftar musik saya yang selalu hadir saat saya menginginkannya. Jadi dia bagian dari salah satu buku yang harus ikut kemana pun saya tinggal. Terutama jika ke suatu daerah dan harus tinggal lebih dari tiga bulan. Bisa sinting kalau enggak lihat buku-buku kesayangan. Jangan ditanya berapa yang mesti saya bayar untuk bagasi beberapa kerdus buku yg saya angkut ke Aceh, misalnya waktu itu.

Yuk, baca dulu sebelum tidur…. *bah!

View on Path

Categories: Tak Berkategori | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

