Otak kanan lebih besar. Pantesan aja!

Kalau bukan karena migrain seharian ini, mungkjn saya enggak pernah tahu kalau otak kanan saya ternyata ukurannya lebih besar dari kiri. Enggak ada hubungan dengan migrainnya, sih. Tapi karena migrain, dokter spesialis yang memeriksa memberikan hasil menyeluruh. Termasuk memperlihatkan bahwa ternyata ukuran otak kanan saya lebih besar.

Migrain saya sendiri datangnya selalu musiman, dan itu lebih disebabkan cara saya memperlakukan diri sendiri. Dokter meminta saya mencatat “jurnal sakit kepala migrain” saya. Teryata memang pemicunya yah pada pola gaya hidup saya. Misalnya suka begadang, minum kopi dan makanan yang dimakan. Nah, makanan yang saya makan belakangan kemarin – terutama dalam semingguan ini- adalah keju dan cokelat.

Menurut dokter keju dan cokelat yang saya makan termasuk yang berperan dalam migrain saya. Karena keduanya mengandung zat tiramin, sebuah senyawa yang berperan besar dalam memicu migrain. Sebenarnya hal ini pernah diinformasikan oleh dokter saraf kepala saya juga beberapa waktu lalu. Tapi cokelat dan keju makanan kegemaran saya. Tapi sebenarnya enggak selalu begitu juga. Mungkin karena saya memakannya terlalu berlebihan. Tapi kata dokter jika ingin makan cokelat pilih cokelat yang berkualitas baik, yang pekat dan biasanya harganya mahal. Nah, artinya apa, cokelat yang saya makan termasuk yang murahan, barangkali. Hahahahaha. Asem!

Tapi setidaknya informasi ini melegakan. Karena penyebab migrain saya bukan disebabkan penyakit yang mengerikan.Misalnya, kanker, atau tumor. Naudzubillah…Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan kesehatan yang baik untuk saya.

Kepala saya dicek bukan dengan di scan sih, tapi dengan menggunakan kabel-kabel elektroda yang dipasang di beberapa titik di kepala, tengkuk hingga leher. Lalu dokter mendeteksinya dibantu sebuah alat yang saya enggak tahu namanya. Dia menelusuri saraf saya dengan gail lalu ditempelkan di kulit. Saat dia melakukan itu saya mendengar suara keras seperti pasak beton yang tengah ditanam oleh alat berat. Bunyinya, “Deng!Deng!Deng!Deng!” bukan dendeng bacanya, yah. Tapi seperti itulah bunyi aliran darah di tubuh seiring dengan detak jantung kita. Terus terang merinding begitu mengetahuinya. Allah itu Maha Besar. Hingga detil pada tubuh kita….

Tapi dari hasil pemeriksaan dokter ini juga menjelaskan otak kanan saya ukurannya lebih besar dari yang kiri katanya.  Setidaknya hasil ini yang menjelaskan kenapa “akhirnya” saya seperti sekarang – terutama dalam pekerjaan yang saya kerjakan. Kata dokter sebenarnya agak aneh, seharusnya ukurannya seimbang. Tapi dia tidak melihat hal itu akan membahayakan, dan dia tidak bisa menjelaskan kenapa ukuran otak kanan saya lebih besar.

Intinya mungkin, kapasitas saya menggunakan otak kanan selama hidup saya sangat besar dibandingkan otak kiri. Lalu dokter bilang :Otak seperti ini (sambil memperlihatkan hasil-hasil warna warni dalam “peta otak” saya) biasanya berkecenderungan mempunyai daya serap yang tinggi…,dst,dst,dst..

Saya mendengarkan dengan serius sambil senyam senyum dalam hati, karena senang mendengar hasil analisa dia dalam membaca otak saya yang dihubungkannya dengan bakat, karir dan kecenderungan kebiasaan -saya selama ini- yg semuanya nyaris benar. Mendengar semuanya, seolah saya baru menemukan belahan jiwa dalam diri sendiri, yaitu otak kanan saya 😆😉😄😂.  Hahahhahaa

Setelah saya googling tentang peran otak kanan dan kiri maka semua penelitian menyebutkan kurang lebih seperti di gambar di bawah ini yah…

4-650x460

Yah, dalam keseharian terutama dalam pekerjaan saya, otak kanan lebih dominan dan dibutuhkan. Tapi sejak bekerja secara teratur dengan para ekspatriat, saya kini mau enggak mau juga harus menggunakan otak kiri. Meski hasilnya jika itu dilakukan suka korslet. Kemampuan membaca saya jadi kacau dalam hal huruf yang nyaris terlihat sama atau bunyinya sama,  terutama dalam hal angka.

Saya pikir saya jauh lebih baik dalam berpikir. Itu saja yang penting…..

 

 

View on Path

Categories: CATATAN HARIAN | Tags: , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

