Ini kesekian kalinya press release saya masuk halaman 1 di koran daerah secara utuh. Bahkan foto pendukung release satu ini hari Minggu kemarin menghiasi berita halaman kota koran-koran lokal. Aku tahu ini foto kuat buat media untuk event ini, Tentu saja saya senang, tapi tidak bangga, malah lebih prihatin. Press release itu menurut saya hanya bahan tambahan, melengkapi data yg kurang dari hasil liputan. Kalau perlu gak usah gunakan press release kalau liputan langsung. Di koran ini press release saya i i – terlepas hala-hal berlebihan yg mereka tambah-tambahin seenaknya itu – konteksnya tepat dan pesannya sampe. Meski mereka tambahin soal ekspresi narsum yg saya tahu itu ngarang bebas abis.

Saya memang paham benar karakter media daerah. Kadang saya tidak suka cara mereka menyampaikan isu yang saya bawa dalam tulisan mereka. Kadang lebih sering bias, salah konteks bahkan terlalu berlebihan dan tidak proposianal juga dangkal. Saya kemudian mempelajari gaya medianya dan mencoba menuliskannya sendiri dengan lengkap. Saya rela-rela aja ketika tulisannya dicaplok begitu saja atau ketika wartawannya meminta tulisan saya dijadikan tulisannya seolah dia yg meliput. Sebagai media campaigner, saya mah senang aja, jadi semua isu saya dia makan begitu saja. Isu saya masuk. Tapi lagi, saya tidak senang sesungguhnya, karena saya gagal memberikan kepedulian dan juga ikut memelihara kemalasan jurnalis dan media. Lebih engggak suka lagi ketika tulisan saya ditambah-tambah tanpa klarifikasi dan juga dilebih-lebihkan atau bahasanya jadi norak gitu….

Tapi sudahlah……semua orang suka hasil berita ini. Bagi saya pesannya sudah sampai. Itu terpenting

View on Path

Advertisements
Categories: Tak Berkategori | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: