Akhirnya tulisan ini keluar. Sebekum tulisan ini keluar, saya berdiskusi panjang dan dalam dengan wartawan senior Kompas Maria Hartingsih, dan Mbak Lidia wartawan Kompas Malang yang menulis berita ini. Sebagai orang belakang layar, tentu saya membawa mbak Maria kepada orang-orang yang tepat dan ahli dalam bidangnya. Selain menunjukkan kondisi nyatanya di lapangan. Mbak Maria dikenal sebagai wartawan yang kritis dan cukup tajam untuk isu-isu kemanusiaan. Dia juga sudah lama mengikuti isu-isu MDGs yang tahun ini akan berakhir, Dalam perjalanan menuju Probolinggo untuk tulisan ini, saya dekatkan Mbak Maria dengan salah satu pejabat pemerintah lembaga kementeriannya dikenal sebagai think thank pengembangan pembangunan negeri ini. Dengan maksud baik agar ada keseimbangan berita dan bisa mendengar sendiri upaya pemerintah kita dalam meningkatkan akses air bersih dan sanitasi untuk orang miskinl Tapi pejabat tersebut malah menjelek-jelekkan mitra kerjanya. Dibilang donor datang dan begitu saja, masuk tidak sowan, dan kalau habis program ditinggal begitu saja. Aku kecewa dengannya. Karena sang pejebat tidak memberikan penjelasan yang baik dan berarti. Seharusnya dia menunjukkan keberdayaan pemerintah kita. Menunjukkan ingin lepas dari donor dan meningkatkan peran-perannya di masyarakat, sehingga donor tidak diperlukan lagi jika mereka memaksimalkan kerjanya. Mbak Maria menulis cukup kritis tentang hal ini. Dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi Senin nanti jika pejabat itu nanti membaca berita ini. Apakah dia akan menghardik aku atau berterimakasih….tapi aku enggak peduli. Biar dia tahu dengan siapa dia berurusan. Biar dia tahu aku dan mbak Maria adalah orang yang sangat serius untuk urusan isu ini, Aku suka cerita ini keluar akhirnya dari Mbak Maria. Aku akan berterimakasih dengan beliau. #advokasimedia

View on Path

Categories: Tak Berkategori | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

