My beloved father

Malam ini dikunjungi bapak. Bela-belain bawa ransel yang kemarin Sabtu dititipi dimobilnya. Dia enggak mau menunggu saya untuk mengambil sendiri tas ransel berat itu.

“Bapak kuat angkatnya? Kenapa enggak tunggu Farah aja. Sakit gak, pundaknya?” Tanya saya serius.

Dia mengerling sok jagoan seperti biasa. “Yah, kuat dong. Buktinya ini bapak yang bawa.”

Setelah saya angkat ransel, bapak tanya, “kamu angkat ini ke gunung? Berat banget, kan. Dalemnya apa, sih?”

“Batu akik, Pak…” kata saya, bapak cuma terkekeh sambil mengikuti saya dari belakang.

Saya tahu dia udah enggak sabar mendengar cerita perjalanan saya ke Kerinci. “Habis, adik kamu ditanyain diem aja kemarin. Biasanya cerewet cerita. Mana, bapak minta foto kamu berdua di puncak. Mau dipasang di FB,”katanya.

Saya bilang Fiyanya lagi capek kali gak mau cerita kemarin, nanti juga cerita. “Yak, udah sekarang aja kamu yang cerita,” katanya.

Malam ini sambil menyediakan bapak makan malam, dan teh hijau hangat untuknya, seru deh kami ngobrol. Hingga akhirnya di kepala bapak saya teringat bahwa jam 8 malam tadi ada film Ashoka di ANTV.

Whatt?? Seriously, dad???

Maka waktu berhenti selama Ashoka sialan itu. Bapak saya nonton Indiahe, seperti halnya warga orang tua di Indonesia pada umumnya kini. Saya pun jadi sibuk dengan laptop hingga ibu saya menelponnya untuk segera pulang.

Ketika adik saya, Fiya datang, dia sebel banget liat bapak nonton Ashoka. “Pak, ini udah tv kabel masih aja nonton tv lokal. Aduuh, bayarnya mahal nih, Pak.”

Bapak saya tidak bergeming. Cuma nyengir.

Ketika akan pulang, dia sibuk merogoh segala penjuru kantong celana dan bajunya. Ahhh, dasar aki-aki, dia cari kunci mobil yang sebenarnya dia letakkan di dekat tv. Saya mengambilkan untuknya, dan adik saya mengantarkannya hingga ke parkiran mobil. Menjaganya supaya tidak jatuh lagi.

Tapi sebelum pergi masih ingatkan, “jangan lupa foto berdua di puncak gunungnya. Bapak minta,” katanya.

Ampyun!

View on Path

Advertisements
Categories: CATATAN HARIAN | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: