Cesar Millan meninggal itu hanya hoax

Cesar-Millan-the-dog-whisperer-25204454-900-350

Gara-gara link berita yang muncul di dinihari Cesar Millan meninggal, membuat saya yang tadinya berniat tidur, menjadi tidak bisa tidur lagi. Pikiran saya penuh Cesar Millan. Saya shock mendengarnya. Saya shock, percis kejadian sekian tahun lalu saat tengah melakukan perjalanan di Kalimantan Tengah, dan seorang kawan saya mengirimkan sms menginformasikan Steve Irwin meninggal. Saya baru percaya Setve Irwin meninggal ketikan membaca beritanya langsung dari koran yang dibawa salah satu petugas pemadam kebakaran hutan di Kalteng. Sedih banget saya bacanya, karena bagi saya dia tuh pahlawan banget waktu itu. Meski Irwin tidak kenal saya pun dia pahlawan banget. .

Beginilah akibatnya, mau tidur masih baca lini masa media. Jadi melotot lagi. Shock berat  bacanya. Googling, liat twitter Cesar, dan akhirnya bisa dipastikan bahwa dia masih hidup sehat dan sejahtera. Syukurlaaah. Hoax ternyata.

Ternyata di sana banyak media enggak bener juga. Kok, berani-beraninya beritain kematian orang yang sebenernya masih hidup sehat.

Sumpah, saya sempet sedih banget, meski orang itu enggak kenal saya dan enggak ada hubungan apa pun dengan saya, tapi acaranya di National Geographic – sebagai “penakluk anjing” atau Dog Whisperer membawa pengaruh yang besar buat saya. Berkat dia, sedikit demi sedikit saya bisa mengatasi rasa takut dan traumatik saya sama anjing yang saya alami sejak kecil.

Yah, saya punya pengalaman buruk terhadap anjing sewaktu kecil. Saya pernah dikejar anjing hingga sarung saya sobek digigit anjing setelah pulang ngaji dari mesjid. Masih kecil banget saya waktu itu. Shock, gemetaran, gak nyangka bisa lolos…untung waktu kecil lari saya kenceng banget. Sejak itu, jika lihat anjing dari jauh, saya pasti memilih jalan lain, mau muter jauh juga enggak masalah. Hal itu terus berlanjut sampe usia saya dewasa. Perlu waktu lama bagi saya untuk menyadari bahwa enggak semua anjing kayak gitu. setidaknya sekarang saya bisa belajar tenang, gak panik dan tidak memilih jalan lain lagi jika melihat anjing di kejauhan.

Menonton acaranya Cesar banyak hal ajaib yang sangat manusiawi  dari seekor anjing. Makin menguatkan, bahwa anjing itu baik. Darinya belajar banyak soal anjing, bahwa anjing makhluk hidup yang bisa jadi kawan paling setia. Sekarang kalau ada anjing mendekat enggak takut lagi. Bahkan bisa menyentuhnya. Meski kalau dia menggonggong saya pasti mencelos juga.

Pengalaman paling mengesankan bersama anjing-pertama kali- waktu di Pulau Talise. Sepanjang jalan dan berada di pulau itu ada satu anjing selalu jagain saya. Dia selalu berada di depan pintu rumah tempat saya nginap. Dia selalu mengikuti saya dari belakang. Kalau saya kelihatan merasa tersesat,  dia ngelead di depan. Menatap saya sebentar, dan saya tahu maksudnya, dan mengikutinya dari belakang. Dia juga mengikuti saya naik ke bukit dan hutan mahoni. Dia selalu ada di dermaga ketika senja tiba dimana saya selalu ke sana. Biasanya dia mendekat dan duduk di samping saya dengan diam dan tenang. Menemani saya menikmati senja yang cantik di pulau itu.  Momen itu adalah pertama kalinya saya bisa mengelus-ngelus leher dan kepala anjing. Belum pernah sedekat dan senyaman itu dengan seekor anjing. Waktu saya harus meninggalkan  pulau itu dia mengejar saya hingga ujung pantai dan dermaga kecil pulau itu. Lalu dia melolong panjang. Belum pernah saya mengalami hal sedih semacam itu dengan seekor anjing.

Saya semakin tertarik dengan anjing ketika ada Cesar Millan di Nationla Geographic. Belajar banyak tentang anjing darinya. Ingat Dolbi anjing Talise saya. Sekarang meski susah merem lagi, setidaknya ikut senang Cesar Millan masih hidup. Sehat selalu om….

View on Path

Categories: CATATAN HARIAN | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

