Ningkam Haumeni III, 2011


261242_198278016888594_6987154_n
263989_198269790222750_4628288_n

Ningkam Haumeni III, 2011, salah satu album di Flickr.

Foto-foto ini merupakan sekian dari kegiatan Festval Ningkam Haumeni II (27-29 Mei 2011). Inisiasi ini digelar oleh masyakarat adat Tiga Batu Tungku (Amanatun/Onam, Amanuban/Banam, dan Mollo/Oenam), dari Timur Tengah Selatan, NTT.

Ketiganya disatukan dalam sebuah kosmologi kehidupan di sekitar Gunung Mutis, dan menyebut persatuan tiga suku ini menjadi Tiga Batu Tungku. Di wilayah ini ada satu cerita perlawanan masyarakat adat Mollo yang melawan ekploitasi terhadap dua gunung batu yang sangat mereka keramatkan yaitu Anjaf dan Nausus. Batu itu dibelah dan digerus untuk kepentingan dua perusahaan yang menginginkan marmer di sana.

Bagi masyarakat Mollo, batu adalah identitas mereka berasal. Nama keluarga biasanya dimulai di sana. Tapi faktanya, batu-batu di sana merupakan daerah resapan air yang baik bagi masyarakat Timor, terutama di kabupaten Soe, sebagai ibu kota kabupaten TTS.

Bagi masyarakat adat desa Batu Tungku terutama Mollo atas Nausus dan Anjaf, hidup harmoni dengan alam adalah bagian dari sebuah keyakinan mereka berhubungan dengan Tuhan. Karena alam titipan, maka keindahannya harus dijaga. Mereka juga menganalogikan alam sebagai tubuh mereka air adalah darah, rambut adalah hutan, tulang adalah batu, daging adalah tanah mereka.

Bayangkan jika salah satu tubuh kita tersayat dan diubah, bagaimana kehidupan jadinya. Apalagi satu sama lainnya saling berhubungan. Demikian mereka selalu mengungkapkan arti alam.

Perlawanan masyarakat Mollo dalam mempertahankan areal wilayah adatnya dari keserakahan perusahaan tambang marmer yang mendapatkan dukungan dari penguasa setempat dan tentara, selalu di bantu dengan alam semesta mereka. Cerita 1001 avatar ini ada di sini. Dan mereka memenangkan pertempuran itu kendati Anjaf terbelah dan tidak utuh lagi. Namun wilayah itu telah menjadi monumen pemersatu tiga suku ini. Sebagai simbol bahwa menjaga alam titipan tuhan jauh lebih baik . Tidak banyak wilayah Indonesia yang dikuasai serakah bernama tambang mendapatkan cerita kemenangan seperti masyarakat Mollo.

Advertisements
Categories: FOTO PERJALANAN | Tags: , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: